Tuesday, February 7, 2012

Web dan Sistem Pembelajaran

Ketersediaan web di internet yang menyediakan berbagai bahan belajar, informasi dan pengetahuan yang sangat lengkap memungkinkan para siswa bisa mencari dan memperoleh informasi dan pengetahuan sendiri sesuai dengan yang diinginkan. Proses pembelajaran sebenarnya tidak harus selalu terkendala oleh keberadaan tempat seperti ruang kelas tetapi bisa dilakukan siswa dimana saja dengan memanfaatkan internet.

Proses pembelajaran tradisional, dimana guru memainkan peranan sentral dalam proses pembelajaran dan siswa berperan reseptif, tentu saja tidak lagi relevan. Pendidikan progresif yang dikembangkan di abad ke-19 yang telah menggantikan kurikulum tradisional dengan pendekatan pembelajaran aktif (active learning) dan kerja kelompok. Pembelajaran berpusat pada guru diganti dengan pembelajaran berpusat pada siswa (student centred learning, SCL). Dalam SCL siswa menjadi fokus dalam proses pembelajaran dan guru lebih berperan sebagai fasilitator. Siswa diberi keleluasaan dalam menentukan sendiri aktivitasnya di kelas untuk membangun pengetahuannya sesuai dengan kompetensi yang akan dicapainya. Sistem pembelajaran berpusat pada siswa ini harus dirancang melalui kurikulum untuk dapat memperkuat motivasi siswa, meningkatkan komunikasi antar siswa, mengurangi perilaku yang mengganggu, membangun hubungan siswa-guru, meningkatkan pendekatan pembelajaran aktif, dan meningkatkan tanggung jawab belajar.

Untuk memfasilitasi sistem pembelajaran tersebut, kini telah tersedia berbagai aplikasi web yang dikeluarkan oleh berbagai pengembang perangkat lunak. Aplikasi web tersebut secara umum terdiri dari beberapa jenis: (1) aplikasi web yang dirancang untuk memberikan fasilitas pembelajaran, dan (2) web yang menyediakan media pembelajaran interaktif.

Aplikasi web yang didisain untuk memberikan fasilitas pembelajaran aktif antara lain adalah ThinkQuest dari Oracle Foundation. Perangkat lunak ini dirancang berdasarkan konsep 21st Century Skill atau 21st Century Learning dengan menekankan pada model pembelajaran kolaboratif (collaborative learning) dan pembelajaran berbasis proyek (project based learning). Dengan aplikasi ini guru bisa membentuk kelompok siswa untuk mengerjakan suatu proyek dengan fokus yang berbeda. Hasil kerja kelompok kemudian diunggah ke web. Siswa lain bisa membaca mengomentari hasil percobaan teman lainnya, mendiskusikan dan membuat kesimpulan berdasarkan data dan diskusi kelompok ini. Dalam skenario ini pembelajaran dilakukan secara kolaboratif, dimana pengetahuan dibangun secara bersama dengan cara yang bervariasi sesuai dengan kreativitas dan keinginan siswa. Di sini siswa dituntut belajar bekerjasama dalam tim, mengeksplorasi pengetahuan secara bersama-sama dan mengkomunikasikan hasilnya.

Figure 1 Oracle ThinkQuest mendukung pembelajaran kolaboratif dan berbasis proyek.

Web yang menyediakan media pembelajaran interaktif kini semakin banyak ditemukan di internet. Web jenis ini sangat penting bagi para guru untuk menyampaikan konsep pembelajaran secara menarik. Bagi guru bidang eksakta seperti ilmu pengetahuan alam dan matematik kebutuhan akan media pembelajaran sangat tinggi. Banyak konsep yang sulit dipaparkan di kelas tanpa visualisasi yang baik. Pada beberapa konsep matematika dan fisika bahkan memerlukan visualisasi 3D. Gerak partikel dalam ruang akibat interaksi medan magnetik misalnya akan tampak jauh lebih mudah dipahami daripada sekedar plot grafik. Demikian juga dalam menjelaskan fenomena kelistrikan, kemagnetan, dan interferensi gelombang pada mata pelajaran fisika yang umumnya sulit dijelaskan tanpa visualisasi tinggi. Upaya memberikan visualisasi terhadap sejumlah fenomena fisika tersebut telah dikembangkan antara lain oleh Massachusett Institute of Technology (MIT) dalam proyek Technology Enabled Active Learning (TEAL) dan University of Colorado yang mengembangkan interactive simulation PhET. Beberapa simulator yang mereka kembangkan bisa dilihat pada gambar berikut.

Figure 2 Media pembelajaran yang dikembangkan untuk pembelajaran fisika.

No comments: