Tuesday, February 7, 2012

Mengapa Web Sekolah?

Perkembangan sains dan teknologi, khususnya Teknologi Informasi dan Komunikasi yang demikian pesat telah berpengaruh terhadap berbagai bidang kehidupan baik industri, perdagangan, pemerintahan, militer, maupun pendidikan. Perkembangan ini telah mengubah cara manusia dalam beraktivitas, bekerja, bersosialisasi, bahkan dalam belajar. Perkembangan ini membawa ICT menjadi fondasi bagi kehidupan masyarakat modern di era informasi saat ini.

Teknologi Informasi dan Komunikasi atau Information and Communication Technology (ICT) merupakan seperangkat teknologi dan sumber daya yang digunakan untuk komunikasi dan membuat, menyebarkan, menyimpan dan mengelola informasi. Penerapan ICT secara luas telah menciptakan perubahan-perubahan dalam pekerjaan. Di bidang bisnis saat ini telah banyak perusahaan yang menerapkan sistem e-commerce untuk menjangkau transaksi secara lebih luas untuk memudahkan pemesanan seperti pada perusahaan penerbangan dan perbankan. Bahkan banyak perusahaan yang telah menerapkan e-business untuk mengintegrasikan aplikasi-aplikasi inti perusahaan secara lintas fungsi dan lintas perusahaan. Dengan semakin tingginya tingkat kompetisi banyak perusahaan memanfaatkan ICT untuk membangun keunggulan kompetitif mereka seperti dalam menciptakan diferensiasi, mengembangkan inovasi, melakukan pertumbuhan dan aliansi (O'Brien, 2003). Tren ini ternyata tidak hanya terjadi pada perusahaan besar saja, tetapi juga pada banyak perusahaan tingkat menengah pada sektor real, sebagaimana pada toko dan pasar swalayan.

Perkembangan ini pada akhirnya mendorong kebutuhan akan tenaga kerja yang memiliki kompetensi-kompetensi baru sesuai dengan tuntutan pekerjaan. Dalam (UNESCO, 2002) disebutkan ada tujuh kompetensi penting: kemampuan berpikir kritis, wawasan luas, kompetensi ICT, mengambil keputusan, penanganan situasi dinamis, bekerja dalam tim, dan berkomunikasi secara efektif. Sesuai dengan kebutuhan tersebut maka sistem pendidikan harus dikembangkan agar bisa menghasilkan lulusan dengan kompetensi sebagaimana yang diperlukan.

Pemanfaatan ICT yang semakin luas juga mengubah cara manusia dalam memperoleh informasi dan pengetahuan. Media cetak seperti buku yang dahulu merupakan sumber informasi utama, kini telah bergeser. Teknologi internet memungkinkan masyarakat bisa memperoleh informasi dan pengetahuan secara mudah dan cepat tanpa kendala batasan geografis. Sehingga bagi masyarakat modern internet bagaikan perpustakaan raksasa atau gudang pengetahuan, dimana berbagai material seperti modul pelatihan, buku elektronik (e-book), konten-konten dan dokumen-dokumen bisa diperoleh dengan mudah. Sejalan dengan perkembangan teknologi multimedia, web kini melengkapi konten-kontennya dengan berbagai objek multimedia seperti video dan animasi grafis yang menjadikan web semakin menarik. Kemampuan ini mampu menyajikan objek-objek yang selama ini sulit ditampilkan secara visual.

Kemudahan tersebut telah membawa perubahan pada sistem pendidikan di sekolah. Sistem pembelajaran telah bergeser dari pembelajaran berpusat pada guru ke pembelajaran berpusat pada siswa (student centred learning, SCL). Guru tidak lagi sebagai satu-satunya sumber informasi dan pengetahuan, karena para siswa saat ini bisa memperolehnya secara aktif melalui internet. Dengan bantuan teknologi ini para siswa bisa memperoleh berbagai informasi untuk mengerjakan tugas-tugas atau mencari jawaban atas suatu masalah. Di sini peran guru tidak lagi sebagai satu-satunya sumber pengetahuan, tetapi sebagai fasilitator yang harus membimbing para siswa memperoleh pengetahuan sesuai dengan kurikulum. Walau demikian guru tetap berperan dalam pembelajaran dalam merencanakan, mempersiapkan dan memfasilitasi pembelajaran agar pembelajaran lebih berkualitas dan mencapai tujuan dan kompetensi yang diharapkan.

Untuk mengantisipasi kebutuhan dan tuntutan masyarakat sejak beberapa tahun terakhir sekolah-sekolah telah memasukkan ICT dalam kurikulum dari tingkat pendidikan dasar hingga menengah. ICT di sekolah diimplementasikan sebagai disiplin ilmu untuk memberi bekal kompetensi ICT bagi siswa. Selain itu ICT juga telah banyak dimanfaatkan untuk mendukung administrasi sekolah dan sarana pembelajaran.

No comments: