Tuesday, February 7, 2012

Internet dan Web

1. Teknologi Internet

Salah satu pemanfaatan ICT yang paling populer dan luas penggunaannya adalah internet. Internet adalah jaringan komputer global yang saling terhubung menggunakan protokol yang distandarisasi untuk berbagi informasi. Komputer yang terhubung dalam jaringan internet memungkinkan kita bisa berkomunikasi dengan komputer lain dalam jaringan atau mendapatkan data dan informasi. Pemanfaatan internet tersebut terkait dengan ketersediaan layanan internet seperti WWW, FTP, dan E-mail.

World Wide Web (WWW) atau sering disingkat web saja adalah salah satu aplikasi internet yang paling populer. Web digunakan antara lain untuk mencari informasi dan menampilkan informasi atau dokumen yang disediakan oleh komputer lain dalam jaringan. Dalam web dokumen ditulis dengan format standar HTML (Hypertext Markup Language). Sedangkan informasi lainnya seperti foto, video dan lain-lain disimpan dalam format grafis (JPG, PNG, GIF) dan objek multimedia (seperti Shockware, WAV). Dokumen-dokumen web adalah dokumen hypertext dimana dokumen-dokumen bisa terhubung dengan dokumen-dokumen lainnya melalui suatu link. Dokumen-dokumen tersebut harus ditempatkan pada komputer server agar bisa diakses oleh komputer lain dalam jaringan.

Untuk bisa menampilkan dokumen atau halaman web diperlukan suatu browser pada komputer pengguna (client). Browser memberikan antarmuka grafis bagi pengguna dan bertanggung jawab berkomunikasi dengan web server. Komunikasi ini dilakukan dengan protokol HTTP, sebuah protokol client/server yang distandarisasi. Server memproses permintaan dan merespon dengan mengirim informasi ke client. Informasi yang dikirim kemudian diterjemahkan oleh browser untuk kemudian ditampilkan di layar komputer.

Untuk bisa melayani permintaan browser atau PC client dalam jaringan sebagaimana didiskusikan di atas, ada beberapa model arsitektur yang bisa dikembangkan di sisi server. Arsitektur mana yang digunakan sangat bergantung pada tujuan dan kompleksitas dari aplikasi web yang dikembangkan. Untuk aplikasi web sederhana cukup menggunakan arsitektur 2-lapis, dimana permintaan client ditunjuk langsung pada halaman HTML statis tanpa memerlukan proses logika atau mengakses database terpisah. Sedangkan untuk aplikasi web dinamis dan kompleks setidaknya menggunakan model arsitektur 3-lapis.

Dengan kecepatan akses internet yang semakin tinggi suatu komputer client yang terhubung jaringan internet bisa secara paralel menjalankan web browser dan software lain mengakses beberapa layanan yang tersedia. Layanan-layanan ini mungkin disediakan pada suatu komputer server tunggal atau pada server khusus.

Ada sejumlah layanan internet yang sangat penting dan bisa didayagunakan untuk mendukung kegiatan pendidikan. Layanan-layanan tersebut diantaranya adalah FTP (File Transfer Protocol), E-mail dan tentu saja web. FTP bermanfaat untuk mengakses berkas (file) yang ditempatkan pada suatu komputer (host) dalam jaringan, atau sebaliknya menempatkan berkas pada komputer lain dalam jaringan. Sedangkan layanan E-mail berguna sebagai media pengiriman surat elektronik. Sejumlah alamat E-mail bisa digabung dalam suatu mailing-list, sehingga akan memudahkan dalam pengiriman surat edaran, pengumuman atau membentuk forum diskusi. Banyak tersedia program aplikasi berbasis GUI (Graphic User Interface) untuk FTP baik untuk sistem Linux (misalnya KBear) dan sistem Windows (misalnya WinSCP).

2. Web dan Pendidikan

Web sangat potensial dikembangkan untuk berbagai keperluan termasuk untuk pendidikan. Jumlah web terus bertambah sejalan dengan peningkatan jumlah komputer yang terhubung ke internet. Kondisi ini tentu saja menguntungkan, apalagi semakin banyaknya situs-situs web yang dirilis khusus untuk menyediakan konten-konten pendidikan. Sekarang kita bisa mendapatkan berbagai macam materi pendidikan di internet baik dokumen bertentuk teks, buku elektronik (e-book), jurnal elektronik (e-journal), media pembelajaran interaktif, kamus, bahkan ensiklopedi.

Jutaan web dan dokumen tersebut tersebar di berbagai server di internet. Namun kita bisa menemukannya dengan memanfaatkan mesin pencari (search engine) seperti yang disediakan oleh Google. Dengan bantuan mesin pencari ini internet laksana sebuah perpustakaan raksasa yang menyediakan sumber pengetahuan dan informasi tanpa batas.

No comments: